Tuesday, November 4, 2014

Leave a Comment

GOA JEPANG

 


Gua ini letaknya persis disamping Ngarai Sianok, atau di bawah Taman Panorama. Menurut cerita, gua ini direncanakan sebagai markas perang Asia untuk wilayah Sumatra. Namun sebelum semua terjadi, Jepang menyerah pada sekutu dan ditinggalkanlah gua ini.
Lorong masuknya sangat dalam dan panjang. Ada sekitar 128 anak tangga untuk turun ke bawah sebelum akhirnya para pengunjung melewati ruang demi ruang Gua Jepang itu. Semuanya masih dengan jelas dilihat, ada ruang penjara, ruang makan, ruang pengintaian, sampai dengan ruang penyiksaan.
Memang tak begitu rumit bagi yang mengetahui gua ini, tapi buat orang yang belum pernah melintasinya lumayan membingungkan. Saat di dalam, pengunjung tak akan bisa membedakan antara pagi, siang, atau malam. Lorong-lorongnya diberi penerangan lampu. Anehnya gua ini tidak terasa pengap, malah terasa dingin karena sirkulasi udaranya lancar. Ternyata di beberapa lorong langsung menembus keluar ke arah Ngarai Sianok. Dan inilah yang dipakai sebagai lubang pengintaian oleh Jepang dulunya terhadap warga sekitar yang mau melarikan diri.
Di Gua Jepang ini dda 12 barak militer, 12 tempat tidur, 6 buah ruang amunisi, dua ruang makan romusha dan satu ruang sidang. Selain itu ada ruang penyiksaan yang untuk orang-orang yang membangkang. Sekaligus di samping ruang penyiksaan tersebut adalah lubang tempat pembuangan mayat.
"Ini lubangnya, tapi sudah diperkecil dengan semen agar tak berbahaya buat pengunjung sekarang. Kabarnya, dulu, di lubang ini pernah ada orang luar negeri yang jatuh terperosok," ujarnya pemandu yang menemani rombongan kami.
Gua yang dibangun antara  tahun 1942 hingga 1945 ini memakai tenaga kerja dari berbagai wilayah Indonesia. Atau isitilahnya adalah Romusha, dimana setelah tenaganya diperas, kemudian dibunuh agar orang di luar tidak mengentahui keberadaan goa tersebut.
Selain itu, Di atas gua yang diresmikan sebagai objek wisata pada tanggal 12 Nopember 2004 oleah Walikota Bukittinggi H.Djufri, terdapat Taman Panorama.  Taman ini sangat teduh dengan pohonnya yang besar-besar, enak buat bersantai.

0 comments:

Blogging World