Friday, January 2, 2015

Leave a Comment

Fakta Mengharukan 15 Korban AirAsia QZ8501

Duka menyelimuti keluarga korban insiden pesawat Air Asia QZ8501. Terlebih setelah beberapa jenazah ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Cerita dari keluarga tentang para korban mengundang haru. Berikut sejumlah fakta tentang para korban kecelakaan Air Asia QZ8501.


1

Ayahnya berkata "Hal yang paling bahagia bagi Kapten Iriyanto adalah ketika dia terbang"

Kapten Iriyanto sudah mencatat 6.053 jam terbang dengan AirAsia ketika ia mempiloti pesawat AirAsia QZ8501.
"Dia sangat pintar," kata Suwarto, ayahnya yang berusia 76 tahun, ia mengatakan tentang anaknya. "Dan pengalamannya dalam jet tempur membuatnya sangat mampu menerbangkan pesawat komersial."
Orang tua Iriyanto mengatakan bahwa ia sangat sedih karena pesawat anaknya hilang pada hari Sabtu kemarin; dan secara kebetulan anak mereka yang lain meninggal karena diabetes hanya 10 hari yang lalu.
"Saya mau anak saya pulang dalam keadaan sehat dan selamat. Tapi kalau sudah takdir, kalau Tuhan berkehendak lain.. Anak saya tidak sendirian di atas pesawat. Kalau ini kehendak Tuhan, ya sudah," kata Suwarto kepada wartawan BBC Indonesia, Rizki Washarti, di Surabaya
Putri Iriyanto juga mengupload foto mereka berdua ke akun Facebook-nya. "Papa Pulang. Kakak Masih butuh papa. Papaku Kembalilah. Papa pa Pulang, papa Harus ketemu, "tulisnya, yang diterjemahkan menjadi," Papa pulang. Aku masih membutuhkanmu. Kembali papa saya untuk saya. Papa datang kembali, kita harus bertemu. "
2

Oscar Desano, bangga menjadi pramugara AirAsia, dan ia akan menjadi seorang ayah

Akun Twitter-nya dipenuhi dengan gambar-gambar dari perjalanannya di seluruh dunia, serta foto-foto teman-temannya dan bersama istrinya, yang kini sedang hamil anak pertama.
Saat berbicara kepada BuzzFeed News, sepupu Desano, Meriyanti Meri mengatakan bahwa ia "berdoa dan menunggu kepulangan mereka."
"Keluarganya masih menunggu di Surabaya," kata Meri. "Oscar akan punya bayi karena istrinya hamil enam bulan sekarang. Kami masih berharap untuk kembali aman nya. "
3

Ruth Natalia Puspitasari dan tunangannya hendak bepergian untuk mengunjungi orang tuanya di Singapura, di mana pasangan itu akan merayakan ulang tahunnya dan merayakan tahun baru bersama-sama.

Suyanto, ayah Ruth Natalia Puspitasari dan ibunya menunggu di Crisis Center keluarga di bandara Surabaya sepanjang hari pada hari Minggu.
"Sekarang dia pergi di pesawat yang hilang, dan kita harus menghadapi kesedihan ini, aku tidak bisa percaya," kata Suyanto sambil meneteskan air mata. "Ini terlalu sulit untuk dihadapi."
"Saya tidak ingin mengalami hal yang sama, seperti yang terjadi dengan Malaysia Airlines," katanya. "Ini akan menjadi penderitaan panjang."
Ruth Natalia Puspitasari berencana untuk merayakan ulang tahun ke-26 nya di Singapura, Senin.

4

Co-pilot dan perwira pertama adalah Rémi Emmanuel Plesel yang berusia 45 tahun

Dia lahir di Perancis Martinique, tapi tinggal di Paris.
Menurut info dari page Facebook AirAsia, ia memiliki total 2,275 jam terbang dengan AirAsia Indonesia.
5

Choi Chi Man adalah seorang suami dan ayah yang bekerja sebagai direktur sebuah perusahaan energi di Indonesia. Dia berada di pesawat QZ8501 bersama dengan putrinya berusia 2 tahun.

Keluarga choi Chi Man sebenarnya berkeinginan untuk melakukan perjalanan bersama-sama, tetapi secara kebetulan mereka tidak bisa mendapatkan empat kursi pada penerbangan sebelumnya sesuai dengan rencana awal, The Telegraph melaporkan. Sebaliknya, Man berangkat dahulu dengan penerbangan QZ8501 dengan putri, Zoe. Kemudian istri dan putranya berada di penerbangan yang terpisah.
Menurut salinan manifest penumpang, Choi Chi Man membeli tiket mereka pada 26 Desember, dan duduk di baris pertama di dalam pesawat, di kursi 1B dan 1C.
Akun LinkedIn-nya menunjukkan bahwa ia berasal dari Hull, Yorkshire, dan lulus dari University of Essex pada tahun 1988. Dia tinggal dan bekerja di Singapura hingga Juli tahun ini, ketika ia meninggalkan pekerjaannya untuk menjadi managing director Jasa Thermal Energy Kantor.
6

Suaminya mengatakan, Ratri Sri Andriani, 30 tahun, berada di penerbangan untuk memimpin 25 wisatawan Indonesia untuk perjalanan ke Singapura dan Malaysia.

"Kami hanya bisa berdoa dan berharap bahwa semua orang di pesawat yang aman," kata Dimas, yang dikelilingi oleh orang tua dan teman-teman Ratri di Crisis Center bandara. "Kami khawatir, tentu saja, tapi kita harus menyerah kepada nasib."
7

Gusti Made Bobi Sidarta dan istrinya Donna Indah Nurwatie bersama anak-anak mereka

Gusti Made Bobi Sidarta adalah seorang pengembang properti di Indonesia, yang sedang menuju ke Singapura dengan istrinya Donna dan dua anak mereka untuk liburan keluarga.
Sebelum masuk ke pesawat, Gusti Made Bobi Sidarta sempat berhenti untuk mengambil gambar di sisi pesawat, yang kemudian diunggah ke akun BlackBerry Messenger-nya.
Adik Gusti,, Dimaz Ade Nurchayo, adalah orang terakhir yang melihat dia sebelum sekeluarga menuju ke bandara.
"Saya optimis bahwa mereka masih baik-baik saja," kata Dimaz Ade Nurchayo kepada wartawan lokal pada hari Minggu. Dia juga mengatakan dia berulang kali mencoba menghubungi AirAsia untuk informasi lebih lanjut tentang penerbangan, tapi tidak berhasil.
8

Tunangan Louise Sidharta, Alain Oktavianus Siaun berencana berlibur bersama orangtuanya dan saudara kandungnya ke Singapura jelang Tahun Baru, untuk menikmati masa terakhir sebagai bujangan sebelum menikah dengan Louise di tahun depan.

Di hari QZ8501 dikabarkan menghilang, Louise mengaku dirinya sedang berada di Bandara Juanda Surabaya untuk menyusul sang tunangan dan keluarganya itu, untuk kemudian bertemu dan bekumpul bersama di Singapura.
Namun sesaat sebelum bertolak ke Singapura, Louise mendengar kabar ada pesawat yang hilang di perairan Belitung, seperti yang dilaporkan Straits Times . Louise pun langsung memeriksa status penerbangan online untuk mengonfirmasi apakah benar tunangannya yang seorang pengusaha di Surabaya itu telah mengambil penerbangan dalam pesawat yang hilang itu.
Kendati saat itu perasaannya tak menentu dan terkejut, namun Louise mengaku dirinya tetap mencoba untuk berpikir positif. "Saya pertama kali mendengar soal pesawat hilang dari radio, setelah itu saya langsung browsing internet dan mencari berita-beritanya," katanya dengan nada tegar.
"Tapi hati saya tak bisa dibohongi, saya tahu dan yakin tunangan saya benar berada di pesawat yang hilang itu. Tapi saya harus tetap positif dan berharap orang-orang terkasih saya bisa segera ditemukan," katanya. Louise dan Alaian berencana akan melepas masa lajang pada Mei tahun depan.
9

Ingrid Jessica Winata terbang bersama temannya Boby Hartanto Winata

Mahasiswi Akademi Nasional Singapura ini terbang bersama salah satu kerabatnya, Boby Hartanto Winata. Ingrid baru saja merayakan liburan Natal. Dari akun Facebook-nya, Inggrid sangat menyukai Spongebob Squarepants dan hamster peliharaannya.
Gadis, yang sesuai dengan profil Facebook-nya, adalah penggemar SpongeBob SquarePants dan sangat menyukai hamster peliharaannya, juga membuat kue untuk ulang tahun Boby awal bulan ini.
10

Boby Hartanto Winata

Boby tinggal di Surabaya dan menuju Singapura bersama kerabatnya, Ingrid. Dari Facebook-nya, Boby diketahui mendukung tim sepak bola Manchester United dan Barcelona FC. Dia sempat mem-posting pekerjaan rumahnya dari Akademi Nasional Singapura.
11

Saiful Rakhmad, teknisi Air Asia

Saiful adalah seorang insinyur perawatan pesawat yang tinggal di Jakarta. Dia merupakan awak pesawat Air Asia QZ8501.
12

Setelah berita tentang pesawat lenyap, saudara Eko Wijaya, Adi Kwok memposting gambar keluarga saudaranya di Twitter.

Eko menuju Singapura untuk berlibur bersama istri dan tiga anaknya. Saudara Eko, Adi Kwok, mengaku hancur mendengar pesawat itu mengalami kecelakaan. "Saya hancur. Saya tidak bisa meminta saudara yang lebih baik. Kami saling mencintai mendalam," ujarnya.
13

Nico Giovanni, 18 tahun, baru saja menyelesaikan tahun pertamanya di perguruan tinggi junior di Sekolah Anglo-Chinese

Salah satu teman Giovanni, Michael mengatakan sahabatnya itu adalah seorang pekerja keras dan sopan. Sementara itu, Kepala Sekolah Anglo-Chinese, Lee Bee Yann, mengatakan telah mengontak keluarga Nico. "Pikiran dan doa kami untuk mereka. Kami juga memberikan dukungan kepada siswa kami," kata dia.
14

Florentina adalah seorang guru biologi dari Chong Institution Hwa di Singapura.

Setelah pesawat dinyatakan hilang, kekasih Florentina, Andy Paul Chen, mem-posting informasi yang menyatakan bahwa kekasihnya berada dalam pesawat nahas tersebut.
Seorang murid Florentina, Felicia Tham Chi Ting, mengatakan Florentona adalah guru favoritnya. "Kami mencoba tetap optimis. Kami tidak berhenti berharap," ujarnya dalam blog-nya. "Kami berdua tertawa dan berbicara tentang hal-hal feminin seperti belanja dan pakaian, seperti gadis-gadis remaja. Sama seperti teman-teman."
15

Haidar Fauzi Khairunisa, 22 tahun

Dia mulai bekerja sebagai pramugari pada tahun 2012 dan bergabung dengan Air Asia pada 2013. Mulanya, Khairunnisa ingin menjadi pengacara, namun akhirnya dia menjadi pramugari untuk bersenang-senang.
Menurut pamannya, Roni Samad, Khairunnisa selalu membawa oleh-oleh dari setiap perjalanannya. "Dia senang menceritakan pengalaman terbang dan perjalanannya kepada keluarga," kata dia. Jenazah Khairunnisa disebut ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Dia masih menggunakan seragam pramugari dengan label nama yang masih tersemat.

0 comments:

Blogging World