Monday, December 29, 2014

Leave a Comment

Cicret Bracelet, Gelang Pintar Yang Bikin Kulitmu Jadi Layar Sentuh



Era wearable device telah dimulai. Google membuat produk inovatif Google Glass. Samsung, Sony, LG, dan Motorola masing-masing telah menghadirkan produk smartwatch mereka. Bagaimana dengan smartbracelet alias gelang pintar?


Perangkat ini telah banyak digunakan oleh mereka yang aktif berolahraga—antara lain untuk menghitung jumlah langkah dan detak jantung, serta mengukur kalori. Tapi Cicret Bracelet, gelang pintar buatan Prancis ini, punya fungsi dan kelebihan yang jauh berbeda: membuat kulit lengan Anda menjadi layar sentuh smartphone.
Sebuah proyektor kecil yang tertanam di gelar pintar ini akan menampilkan gambar layar smartphone Android ke lengan Anda begitu Anda menggerakkan pergelangan tangan. Kemudian, kedelapan sensornya akan mendeteksi setiap kali Anda menggesek, menekan, atau mencubit kulit lengan Anda yang telah menjadi “layar sentuh”. Dengan begitu, Anda dapat melakukan segala hal yang biasa dilakukan dengan smartphone secara fisik—mulai dari membaca/menulis/mengirim surat elektronik, menonton video, main game, mengedit gambar, sampai browsing intenet.
Untuk itu, gelang Cicret memiliki teknologi Wi-Fi, storage (16GB & 32GB), memory card, USB port, dan konektivitas Bluetooth. Ada juga fitur vibrasi, yang akan memudahkan penggunanya mengetahui jika ada notifikasi yang masuk ke ponsel.
Guillaume Pommier, pendiri perusahaan teknologi Cicret bahkan berkata, "Kami sedang meneliti kemungkinan untuk menempatkan kartu 3G di gelang ini sehingga dapat dipakai untuk menelepon."
Rencananya, Cicret akan dilempar ke pasaran pada Juni 2015 dengan harga sekitar 400 dolar AS dengan 2 ukuran dan 10 pilihan warna—dengan catatan: pengumpulan dana via cicret.com dan indiegogo.com berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Nantinya, gelang pintar ini juga akan bisa sinkron/terhubung dengan gadget berbasis iOS. Namun untuk jangka panjang, Cicret dirancang untuk menjadi sebuah perangkat yang berdiri sendiri.
"Tidak hanya lebih portabel, tetapi juga lebih ramah lingkungan,” papar Pommier. “Sampah teknologi berupa tablet atau ponsel usang akan banyak berkurang jika Cicret bisa menjadi perangkat yang mandiri.”

0 comments:

Blogging World