Thursday, February 19, 2015

Leave a Comment

Ditandatangani kesepakatan AS-Turki terkait perlawanan Suriah

Kelompok pemberontak Suriah
Amerika Serikat dan Turki sudah menandatangani sebuah kesepakatan untuk melatih dan mempersenjatai kelompok perlawanan moderat di Suriah.
Berdasarkan kesepakatan itu, Amerika rencananya akan melatih sekitar 5.000 pemberontak di lokasi-lokasi di Turki dan tempat lainnya di kawasan tersebut.
Juru bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ankara, ibu kota Turki, mengatakan kesepakatan ditandatangani Kamis (19/020 malam waktu setempat oleh Duta Besar AS, John Bass, dan Wakil Menlu Turki, Feridun Sinirlioglu.
Pemerintah Turki sudah mengatakan pelatihan oleh tentara Amerika Serikat dan Turki itu bisa jadi dimulai bulan depan di sebuah pangkalan militer di Kirsehir.
Kelompok pemberontak Suriah
AS ingin melatih sekitar 5.000 pemberontak di lokasi di Turki dan tempat lainnya di kawasan itu.
Dengan garis perbatasan bersama Suriah sepanjang sekitar 1.200 km, Turki memegang posisi penting dalam upaya koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat untuk menghadapi kelompok militan yang menyebut dirinya Negara Islam atau ISIS, yang menguasai beberapa wilayah di Suriah dan Irak.
Tercapainya kesepakatan ini secara prinsip sudah diungkapkan pada Selasa (17/02) Februari lalu.
Turki selama ini ingin operasi militer dipusatkan pada penggulingan pemerintahan pimpinan Presiden Bashar al-Assad namun Washington menjadikan perang melawan ISIS sebagai prioritas.
Bagaimanapun kesepakatan AS-TUrki ini dilihat sebagai perkembangan positif dalam hubungan yang kadang diwarnai ketegangan.

0 comments:

Blogging World