Monday, February 16, 2015

Leave a Comment

Perampokan bank maya sebesar US$1 miliar

cyber crime

Sekitar 100 bank dan lembaga keuangan dunia diserang "perampokan dunia maya yang belum pernah terjadi sebelumnya", kata sebuah laporan baru.
Perusahaan keamanan komputer Kaspersky Lab memperkirakan US$1 miliar dicuri dalam sejumlah serangan, yang dimulai pada tahun 2013 dan masih berlangsung sampai sekarang.
Kelompok penjahat internet dengan anggota dari Rusia, Ukraina dan Cina dianggap bertanggung jawab, tulis laporan tersebut.
Kapersky menyatakan pihaknya bekerja sama dengan Interpol dan Europol dalam melakukan penyelidikan.
Sejumlah serangan terjadi di 30 negara termasuk perusahaan keuangan di Rusia, Amerika Serikat, Jerman, Cina, Ukraina dan Kanada.
"Serangan-serangan ini kembali menggarisbawahi kenyataan para penjahat akan mempergunakan segala kelemahan pada sistem manapun," kata Sanjay Virmani, direktur pusat kejahatan digital Interpol.
Kapersky mengatakan metode kelompok ini menandai tahapan baru perampokan cyber dimana "pengguna jahat mencuri uang langsung dari bank dan menghindar dari menargetkan pemakai akhir".
Kelompok yang dinamakan Carbanak tersebut, menggunakan virus komputer untuk menginfeksi jaringan perusahaan dengan malware termasuk pengawasan video, sehingga memungkinkan mereka melihat dan mencatat segala hal yang terjadi pada layar staf.

0 comments:

Blogging World